Minggu, 24 Februari 2013

7 Cara Menjadi Agen Properti Yang Powerful

1. Persiapkan diri Anda

a. Tetapkan tujuan

Bayangkan Anda sedang mencari taxi di pinggir jalan. Setelah berhasilmendapatkan taxi, Anda naik ke taxi dan Anda tidak memberi tahu kemana Anda akan pergi. Dan ketika sang supir bertanya kemana, Anda menjawab “tidak tahu, belum pasti”

Mungkin saja bapak supir taxi akan bingung (menganggap Anda gila) atau malah gembira karena dia akan membawa Anda berputar-putar keliling kota dan Anda harus membayar argonya.

Salah satu bagian dari menetapkan tujuan adalah Anda harus mengambil keputusan. Ke-PUTUS-an, jadi benar-benar putus. Ini adalah bagian yang kelihatannya sepele, tapi membutuhkan ketegasan. Tujuan Anda untuk mendapatkan penghasilan yang fantastis dari real estate, membutuhkan sebuah keputusan untuk berkomitmen menjadi yang terbaik.

Ora Et Labora. Dengan berdoa, iman kita bertambah. Seperti yang diajarkan dalam The Secret, Law of Attraction, hukum tarik menarik adalah iman. Apa yang Anda yakini, Anda imani, akan terjadi. Sebab itu ber-imanlah.

b. Siap mental entrepreneur . Sebagai Agent Anda adalah pengusaha, bukan sebagai karyawan. Anda bebas menetukan jam kerja Anda, jumlah hari kerja Anda dalam seminggu. Sebagai pengusaha Anda tentu memerlukan modal (kartu nama, brosur, iklan) dan biaya operasional seperti telpon, bensin, iklan dll. Jika Anda seorang Independen Broker atau biasanya disebut Makelar Tradisional, Anda harus menanggung semua biaya-biaya tsb, sendiri.

c. Suka memberi. The more you give, the more you get. Itulah hukum Allah. Siapa menabur, menuai pula. Anda bersedia “walk for extra mile”. Pembeli rumah Anda yang mungkin pindahan dari luar kota yang membutuhkan informasi mengenai Penyalur Babysitter, supermarket terdekat.

d. Manajemen waktu. Sebenarnya waktu tidak bisa di-manage, yang Anda manage adalah diri Anda sendiri dalam menggunakan waktu, yaitu Action Anda (aktifitas Anda). Anda harus mampu mengatur prioritas : mana yang penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, atau tidak penting & tidak mendesak. Satu-satunya hal yang penting dan mendesak dalam bidang Property Agent adalah : MENJUAL. Menjual diri Anda dan Listingan Anda. Jika Anda tidak bisa “menjual” diri Anda, sangat sulit untuk seseorang menitipkan rumahnya untuk Anda pasarkan. Menjual Listingan Anda akan dibahas dalam poin 4 (Menggunakan semua tools yang ada). Kita diberi waktu yang sama 24jamsehari. Hidup yang seimbang adalah 8 jam untuk keluarga/bersantai, 8jam untuk tidur & 8 jam untuk bekerja. 8 jam yang terakhir inilah yang harus Anda maksimalkan untuk MENJUAL.

2. Listing sebanyak - banyaknya, menguasai daerah tertentu. Marketing adalah Numbers Game. Dari 20 listing, 1 terjual. Jadi jika Anda ingin menjual 2, berarti Anda harus punya 40 listing. Rasio tergantung dari kemampuan Anda menemukan listing yang berkualitas. Semakin banyak Listing berkualitas, semakin besar kemungkinan Anda closing. Coba tanyakan kepada Agent pada umunya, berapa rasio mereka. Lalu coba periksa, berapa jumlah listingan Anda. Jika rasio rata-rata Agent adalah 1:40 (1 closing diantar 40 listing), dan Anda hanya punya 5 listing, berarti Anda sedang menunggu keajaiban.

3. Belajar menganalisa. Setidaknya ada 3 cara untuk menghitung sebuah rumah, dari sisi Replacement Value, Sales Comparison Approach dan Income Capitalization Approach. Ikuti pelatihan “Fundamental to Property Investment”

4. Menggunakan semua tools yang ada. Jika Anda sudah mempunyai cukup banyak Listing, pertanyaan selanjutnya adalah “berapa banyak orang yang tahu tentang listingan Anda?”. Semakin banyak yang tahu, kemungkinan untuk terjual semakin besar. Ibarat orang yang pergi berobat, Anda harus mencoba semuanya: dokter, tabib, dukun, sinshe dll. Begitu juga dengan menjual Listing Anda. Anda harus menggunakan spanduk, brosur, internet, iklan Koran, majalah, telpon, SMS, Open House dll, supaya orang yang tahu semakin banyak.

5. Terbuka, terus belajar. Dunia bergerak maju. Jaman berubah. Anda tentu tidak ingin ketinggalan. Anda tidak dapat menjalankan bisnis tanpa menambah pengetahuan dan skill Anda. Penggunaan Internet, mengikuti seminar pengembangan diri, pelatihan-pelatihan, suka membaca. Anda harus selalu suka belajar hal-hal baru, mengamati semua yang ada dalam dunia property,membaca semua yang berkaitan dengan property. Wawasan akan membuat Anda percaya diri dalam membangun hubungan dengan klien.

6. Mengembangkan network, menggunakan faktor kali. Satu orang Agent closing satu, satu Agent yang lain closing 444 transaksi dalam satu tahun. Apa yang membedakan? Mereka menggunakan faktor kali. Anda harus mengembangkan network, mau co-broking.

7. Pantang mundur, mengatasi keberatan & hambatan. Salah satu motivator berkata “Lipatgandakan kegagalan Anda”. Anda harus terus menerus take action, listing dan listing lagi. Jual dan jual lagi. Jika pintu yang ke 99 belum dibukakan, Anda harus terus mengetuk pintu yang ke 100 dan seterusnya. Jika Anda berhenti, siapa tahu pintu yang ke 101 dibukakan. Dan Anda tidak mendapatkannya, hanya karena kurang 1 langkah saja.

-------------------------------------------------------------------
FREE

FAST-START PROPERTY AGENT TRAINING SENILAI Rp 1,495,000
Syarat & ketentuan berlaku
Hubungi NITA TOBING - Pinrumah.com di 633 8080