Senin, 09 April 2012

Pesawat Garuda Dilengkapi Internet


Terobosan baru tengah dilakukan PT.Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk memasang fasilitas internet di pesawatnya. Harapan itu, tampaknya segera menjadi kenyataan setelah Garuda meminta Telkom untuk memasang WiFi (Wireless Fidelity) sebagai fasilitas untuk koneksi internet di dalam pesawatnya.

Untuk mewujudkan niat Garuda itu, Nota Kesepahaman  telah ditandatangani bersama antara Dirut Garuda Emirsyah Satar dengan Dirut  Telkom Rinaldi Firmansyah, di hotel Hyat Jakarta pada 4 April lalu.

Menurut Dirut Garuda, Emirsyah Satar, tujuan untuk memasang WiFi dalam pesawat Garuda itu, tentu saja, dalam upaya  memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada penumpangnya. Apalagi kehadiran internet kini telah menjadi kebutuhan utama bagi para pebisnis."Penumpang Garuda, tak hanya akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas intertainment yang telah tersedia saat ini, namun juga akan dilengkapi dengan akses internet di dalam pesawat," kata Emirsyah seraya menambahkan bahwa biaya investasi untuk memasang WiFi itu sebesar 100 ribu dolar AS per pesawat.

Garuda memilih Telkom sebagai mitra operator pemasangan WiFi, karena pihaknya telah menjalin kerjasama cukup lama dengan Telkom sebagai operator terbesar dan terpercaya. Terutama kerjasama di bidang IT dan telekomunikasi. Sudah pasti kehadiran WiFi dalam pesawat, tak hanya menambah hiburan, namun juga  akan semakin memfasilitasi penumpang yang sedang bekerja untuk kelancaran bisnisnya atau penumpang lain yang sekedar ingin berinternet-ria dalam pesawat. 

Selain itu kerjasama ini juga ditujukan guna meningkatkan sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TELKOM dengan GARUDA untuk saling mendukung peningkatan layanan bagi pengguna jasa kedua perusahaan. Adapun ruang lingkup nota kesepahaman antara Telkom dan Garuda tersebut secara garis besar adalah kerjasama komersial berupa pemberian harga khusus, kerjasama bisnis penggunaan jasa atau produk telecommunication, information, media and edutainment (TIME) Telkom, jasa transportasi antara Telkom dan Aerowisata melalui Aerotrans, pariwisata dan hospitality Garuda. 

Di bidang IT, telah pula disepakati rencana pengembangan layanan In-Flight Connectivity dan pengembangan jaringan IT Garuda melalui anak perusahaan Garuda Aero System. Melalui In-Flight Connectivity, penumpang pesawat Garuda dimungkinkan mengakses layanan internet dari dalam pesawat meskipun pesawat dalam posisi terbang. Pada nota kesepahaman tersebut disepakati juga pertukaran reward system Garuda Frequent Flyer. Kedua perusahaan juga akan menjajaki kerjasama pembangunan ekosistem bisnis hospitality berbasis IT.

Menurut Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah, kerjasama Telkom dan Garuda ini merupakan bukti nyata sinergi antara dua BUMN besar di Indonesia. “Sinergi ini tentunya diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan value kedua perusahaan. Selain itu – tentunya - akan memberikan nilai tambah bagi peningkatan layanan bagi para pengguna jasa kedua perusahaan. Kami bangga menjadi bagian dari kemajuan Garuda,” tambah Rinaldi.

Sebelumnya Garuda Indonesia telah bekerjasama dengan Telkom Group sejak tahun 2004 diantaranya melalui layanan “Hallo Corporate”, "Mobile VPN (Virtual Private Network)", serta layanan pembelian tiket Garuda Indonesia melalui T-Cash Telkomsel, serta terdaftarnya Telkom sebagai corporate account Garuda sejak tahun 2009.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar menyambut gembira kerjasama ini dan mengatakan bahwa selain untuk meningkatkan sinergi di antara kedua perusahaan, kerjasama ini juga merupakan salah satu bagian dari program “Quantum Leap” yaitu pengembangan Garuda ke depan, khususnya dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. 

“Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang memiliki produk dan jaringan terlengkap serta teknologi terdepan. Melalui kerjasama ini, muda-mudahan Garuda dan Telkom dapat semakin berkembang di masa depan,” tambah Emir.