Sabtu, 10 April 2021

Khotbah Jum'at di Masjid Al-Muhajirin Antapani Kidul: "Sejarah Shaum Ramadhan"

 



Shalat Jum'at (9/4/21) di Masjid Al-Muhajirin RW-10 Antapani Kidul, menampilkan Imam/Khotib Ust. Imam Nuryanto. Tema yang disampaikan Sejarah Shaum Ramadhan.

Kata "Shiam" para ulama sepakat mendefinikan yang pada umumnya diartikan sebagai menahan makan, minum dan berhubungan badan suami-istri mulai terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari untuk mengharapkan pahala dari Allah.

Demikian halnya pengertian dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan-syetan dibelenggu. Kalau difahami menurut dzohir ya pengertiannta seperti itu.

Namun ulama lain berpendapat bahwa yang dimaksud dengan kalimat itu adalah karena pelaksanaan dampak dari shaumnya. Misalnya dengan sibuknya orang-orang dalam beramaliyah di bulan Ramadhan, maka tidak akan ada kesempatan untuk syetan menggoda orang yang shaum sehingga syetan itu merasa terbelenggu.

Shaum yang dilakukan sejatinya adalah yang sesuai dengan perintah Allah dan sunah-sunah Rasulullah.  Karena itu Shaum harus dilakukan dengan penuh keikhlasan. Dasarnya harus karena imam. Berharap hanya untuk mendapatkan pahala dan keridhoan Allah Subhanahu Wata'ala.

Untuk uraian lengkapnya silakan masuk ke channel youtube dengan meng"klik" gambar/foto diatas.//*nas

Tatacara Shalat Idul Adha di Rumah

VIDEO DAKWAH PRODUKSI MASJID AL MUHAJIRIN, RW-10, ANTAPANI BANDUNG. SILAHKAN BANTU SEBAR DAN DAPATKAN PAHALA JARIYAH. Rasulullah Shalallahu’...