Selasa, 13 April 2021

Nasihat Terkait Hadirnya Bulan Ramadhan

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنْ النَّوْمِ ......

Ya Rabb, yaa muqalibal qulub...mohon mampukan kami untuk istiqamah dalam kesabaran, mensyukuri atas segala NikmatMU....Ya Rahmaan mohon limpahkan anugerah berkah, rahmat, taufik, hidayah MU, karuniakan kami kesehatan dan lindungilah kami serta kabulkanlah doa2 kami.

امين يا الله يا مجيب السائلين

Bismillah, Washalatu Was Salamu 'ala Rasulillah, ama ba'du...

*NASEHAT TERKAIT DENGAN HADIRNYA BULAN RAMADHAN.*
___________
Asy-Syaikh Al-'Allamah Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhahullahu ta'ala


Pertanyaan :
Apa nasehat anda wahai Syaikh, bagi kaum muslimin terkait dengan hadir nya bulan suci Ramadhan ?

Jawaban :
Sudah semestinya bagi setiap muslim untuk memohon kepada Allah agar Allah pertemukan dia dengan bulan Ramadhan.
Dan dia meminta kepada Allah agar Allah mudahkan untuknya dalam menjalani puasanya, shalat tarawihnya, dan beramal kebaikan padanya. Karena inilah kesempatan besar di dalam kehidupan seorang muslim.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa ‘ala ahlihi wa sallam bersabda :

" مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ"

Artinya :
“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman/ikhlas serta mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa dosanya di masa lalu.”

Dan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa ‘ala ahlihi wa sallam bersabda :

، "مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ"

Artinya :
“Barangsiapa yang tegak untuk shalat -shalat tarawih- di bulan Ramadhan karena iman/ikhlas serta mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa dosanya di masa lalu ”
Maka bulan Ramadhan adalah kesempatan besar di dalam kehidupan seorang muslim yang mungkin saja kesempatan itu tidak terulang dua kali.

Maka sudah semestinya seorang muslim itu senang dan bergembira dengan kedatangan bulan Ramadhan. Serta dia sambut bulan Ramadhan itu dengan gembira lagi bahagia.
Dan dengan menyibukkan dirinya di bulan Ramadhan untuk mentaati Allah sepanjang siang dan malam. Malam harinya dengan shalat dan siang harinya dengan berpuasa dan membaca Al Quran, dan berdzikir. Maka ini adalah sebuah ghanimah/kesempatan emas bagi seorang muslim.

Adapun orang-orang yang menyambut Ramadhan dengan berbagai acara yang negatif lagi merusak seperti : acara musik, serial drama, acara komedi, acara kuis dan perlombaan agar membuat kaum muslimin tersibukkan dengan acara-acara tersebut;

Maka orang orang seperti ini adalah bala tentaranya syaithan, syaithanlah yang memperdayai mereka untuk hal-hal seperti ini.

Maka yang wajib dilakukan setiap muslim untuk berhati hati dari mereka, dan ia peringati orang lain dari mereka !!!

Karena bulan Ramadhan itu bukanlah waktu untuk perkara sia-sia, bermain-main, menonton serial drama, acara kuis dan perlombaan berhadiah serta kegiatan membuang buang waktu. "

unduh suara : http://cutt.us/4w6Ss
alih bahasa : Al-Ustadz Abul Hasan Ali Akbar Al-Maidani
《》《》《》《》
[ نصيحة بمناسبة قرب شهر رمضان ] .
سُئل الشَّـيْخ العلّامة صـالحُ بنُ فَـوزان الـفَوزَان -حَـفظهُ الله-:
❫ السُّـــــــؤَالُ:
• ما نصيحتكم للمسلمين بمناسبة اقتراب شهر رمضان؟
❫ الجَــــــوَابُ:
”الواجب على المسلم يسأل الله أن يبلغه رمضان وأن يعينه على صيامه وقيامه، والعمل فيه، لأنه فرصة في حياة المسلم: " مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ"، "مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ"، فهو فرصة في حياة المسلم قد لا يعود عليه مرة ثانية.
•• فالمسلم يفرح بقدوم رمضان ويستبشر به، ويستقبله بالفرح والسرور، ويستغله في طاعة الله ليله قيام، ونهاره صيام وتلاوة للقرآن والذكر فهو مغنم للمسلم، أما الذين إذا أقبل رمضان يعدون البرامج الفاسدة والملهية والمسلسلات والخزعبلات والمسابقات ليشغلوا المسلمين فهؤلاء جند الشيطان، الشيطان جندهم لهذا، فعلى المسلم أن يحذر من هؤلاء ويحذر منهم، رمضان ما هو وقت لهو ولعب ومسلسلات وجوائز ومسابقات وضياع للوقت“ .
ــــ
رابـط الصوتيــة :
http://cutt.us/4w6Ss
•┈┈┈┈┈┈•
Forum : Thullabul Ilmi Yaman

Fikih Puasa yang Wajib Diketahui

Makna puasa Puasa dalam bahasa Arab disebut dengan Ash Shiyaam (الصيام) atau Ash Shaum (الصوم). Secara bahasa Ash Shiyam artinya adalah al i...