Sabtu, 17 April 2021

Perbandingan Planet Bumi dengan Alam Semesta



Jangan lupa tonton video ini...

Dibandingkan dengan Bumi, Merkurius hanya sepertiga besarnya, memiliki 50% permukaannya, dan 5% dari keseluruhan isinya. Jika berada di Merkurius, berat tubuh Anda akan berkurang sekitar 75% dari berat sebenarnya di Planet Bumi.

Venus berukuran hampir sama dengan Bumi, hanya 5% lebih kecil. Mengenai kepadatan, Venus memiliki 82% berat Bumi dan 90% dari total gravitasi di planet yang kita tinggali. Walaupun Merkurius lebih dekat ke Marahari, Venus adalah planet yang paling panas di sistem tata surya.

Besar Planet Mars adalah 50% dari besar Bumi, tapi hanya memiliki 10% beratnya. Seperti di Merkurius, berat tubuh Anda berkurang 75% jika berada di Mars. Planet Mars juga memiliki musim yang hampir sama dengan yang terdapat di Bumi. Terdapat juga pergantian hari dan tahun. Berdasarkan perhitungan rotasi dan revolusi yang kita miliki, sehari di Mars adalah 1.3 hari sedangkan setahun di Mars adalah 2 tahun.

Diameter Planet Jupiter 11 kali lebih besar dari planet yang kita tempati. Bahkan, Planet Jupiter mampu menampung sebanyak 1300 Planet Bumi. Hampir seluruh Jupiter diisi oleh gas, sehingga planet ini bisa dikatakan tidak memiliki permukaan. Anda tidak akan dapat berdiri di Jupiter. Jika Anda mampu, berat tubuh Anda akan mengalami peningkatan sebanyak 2.5 kali.

Saturnus lebih kecil daripada Jupiter. Dibandingkan Bumi, besarnya mencapai 9.5 kali. Saturnus mampu menampung 764 Bumi di dalamnya. Sama seperti Jupiter, kandungan utamanya adalah gas. Jika Anda berada di Saturnus, tidak akan ada perbedaan berat tubuh. Berdasarkan perhitungan terakhir, Saturnus memiliki 62 Bulan. Planet ini membutuhkan sekitar 80 tahun untuk sekali revolusi.

Diameter Uranus tiga kali lebih besar daripada Bumi. Planet Uranus memiliki 15 Bulan dan membutuhkan 84 tahun untuk sekali perjalanan mengelilingi matahari. Salah satu perbedaan paling besar adalah kutub-kutub planet Uranus menghadap Matahari, sedangkan kutub-kutub di Planet Bumi posisinya hampir tegak lurus dengan Matahari. Bumi berotasi dari arah barat ke timur, sedangkan Uranus dari arah timur ke barat.

Besar Neptunus sama dengan Uranus dan bisa diisi dengan 57 Planet Bumi. Karena jaraknya yang jauh dari Matahari, Neptunus membutuhkan 165 tahun untuk sekali revolusi. Planet ini tidak memiliki permukaan; jika Anda bisa berdiri di sana, berat tubuh akan mengalami peningkatan 14%. Sampai saat ini, diketahui setidaknya 13 Bulan yang mengelilingi Uranus. Keberadaan Bulan lain belum ditemukan.

Pluto

Pluto sudak tidak dianggap sebagai planet, tapi sedikit pengetahuan tentang planet ini masih menarik untuk dipelajari. Seseorang yang berada di Pluto akan mengalami penurunan berat badan drastis. Jika berat Anda di Bumi adalah 68 kilogram, di Pluto hanya akan menjadi 4,5 kilogram. Planet dengan tingkat gravitasi plaing besar adalah Jupiter; di planet ini, berat tubuh Anda akan menjadi 160,5 kilogram.
Planet yang paling sering dikunjungi manusia adalah Mars. Dengan berat 68 kilogram, para pengunjung mengalami penurunan berat sampai mencapai 26 kilogram saja. Intensitas gravitasi di Mars hanya 36% dibandingkan Bumi.

Bumi yang Lain

Setelah bertahun-tahun menjadi bahan perdebatan, akhirnya ditemukan sebuah planet lain yang memiliki struktur sangat mirip dengan Bumi. Planet asing yang dinamakan Kepler 22-b berorbit di sebuah habitat planet yang sangat memungkinkan untuk ditempati mahkluk hidup. Jaraknya sangat jauh dari Bumi. Kemungkinan tentang keberadaan ekosistem yang mendukung kelangsungan hidup mahkluk masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Namun ada planet lain yang ukurannya jutaan kali dari planet bumi, sehingga planet bumi hanyalah sebutir debu saja. Untuk mengetahui lebih jauh, simak videonya dengan mengklik gambar diatas...

Semoga dapat menambah kimanan kita akan kebesaran Sang Maha Pencipta Allah Subhanahu Wata'ala...

Nasihat Imam Asy-Syafi’I tentang Tasawuf

فقيها و صوفيا فكن ليس واحدا فإني و حـــق الله إيـــاك أنــــصح فذالك قاس لم يـــذق قـلــبه تقى وهذا جهول كيف ذوالجهل يصلح Berusahalah en...