Selasa, 18 Januari 2011

Cara Meningkatkan Omset Toko Online


online shop 200x133 Cara Meningkatkan Omset Toko Online
Salah satu peluang bisnis di internet yang saat ini marak dijalankan adalah toko online. Beraneka ragam produk mulai dari pakaian, tas, sepatu, makanan dan minuman, serta kebutuhan pokok lainnya ditawarkan secara online melalui website, blog, facebook, twitter, dan situs jejaring lainnya. 
Adanya kemudahan fasilitas yang tersedia di internet tentunya memberikan keuntungan khusus bagi para pelaku bisnis online, sehingga tidak heran bila semakin hari jumlah blogger yangmembuka toko online mengalami lonjakan yang cukup pesat.

Meskipun saat ini jumlah pelaku bisnis toko online terus bertambah banyak, namun ternyata tidak semuanya bisa berhasil menjalankan usahanya hingga mencapai puncak kesuksesan. Sebagian besar dari mereka mungkin ada yang sukses mendatangkan omset ratusan juta rupiah setiap bulannya, namun tidak sedikit pula jumlah pemula yang situs toko onlinenya masih sepi dari kunjungan konsumen sampai akhirnya harus ditutup karena tidak ada pemasukan yang didapatkan.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara meningkatkan omset toko online yang bisa Anda praktekan dirumah.

Pertama, daftarkan website toko online Anda di social networking. Keberadaan situs jejaring sosial (social networking) ternyata cukup efektif untuk menggiring massa dan mempromosikan bisnis Anda ke masyarakat luas. Buatlah akun dengan nama toko online Anda di berbagai situs seperti facebook, twitter, LinkedIn, Google Plus, dan lain sebagainya. Setelah itu Anda bisa meng-update link produk dari website Anda ke situs-situs pertemanan tersebut, selain itu Anda juga bisa mengupload foto dan menyebarkannya ke semua konsumen yang bergabung di situs Anda. Dengan begitu, produk Anda bisa dikenali banyak orang dan semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mendatangkan pemasukan setiap bulannya.

Kedua, bergabunglah di web direktori lokal maupun internasional. Sekarang ini sudah banyak website-website yang menawarkan program direktori bagi para pelaku bisnis online. Salah satunya yaitu bisnisukm.com yang memberikan program direktori member gratis bagi para pelaku usaha yang ingin mempromosikan produk unggulannya dan perusahaan yang mereka miliki. Tentunya ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan traffic kunjungan website toko online Anda.


toko online 200x200 Cara Meningkatkan Omset Toko Online
Ketiga, optimalkan penggunaan SEO. Dalam menjalankan bisnis online, dukungan SEO menjadi salah satu faktor penentu untuk meningkatkan posisi website di halaman pertama mesin pencarian (Google). Karenanya, pilihlah keyword yang banyak dicari pengguna internet agar website Anda mudah ditemukan mesin pencarian. Misalnya saja menggunakan kata kunci Toko Online, Butik Online, Baju Online, dan masih banyak lagi keyword menarik lainnya. Semakin banyak jumlah pencarian setiap harinya, maka semakin sering pula website toko online Anda dikunjungi calon konsumen.

Keempat, permudah pembelian dengan shopping cart (keranjang belanja). Untuk mempermudah konsumen Anda dalam berbelanja, sediakan shopping cart untuk memasukan item produk yang akan mereka beli. Pastikan semua produk yang dipilih bisa tercatat dengan baik dan prosesnya tidak mempersulit calon konsumen. Sebab, bila prosesnya tertalu rumit dan berbelit-belit biasanya hanya akan membuat konsumen mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko online Anda.

Kelima, cantumkan contact person Anda dengan lengkap. Salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan yaitu, meyakinkan konsumen untuk berbelanja di tempat Anda. Sampai hari ini masih banyak kasus penipuan yang terjadi melalui internet, karena itu tidak sedikit konsumen yang kurang percaya untuk bertransaksi secara online. Maka dari itu, yakinkan konsumen dengan mencantumkan data diri Anda secara lengkap serta contact person Anda yang bisa mereka hubungi. Misalnya saja seperti no telepon, alamat perusahaan, alamat email, pin BB, dan lain-lain.

Nah, setelah membahas tips sukses menjalankan bisnis online, kini saatnya Anda menerapkannya langsung dalam usaha Anda. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis toko online. Selamat berkarya dan salam sukses.
=====
Sumber: http://www.bisnisukm.com
Sumber gambar :
1. http://businessblog.winweb.com/wp-content/uploads/2010/03/Online-shop.jpg
2. http://www.modernart-design.com/digital/images/stories/istock_

Fikih Puasa yang Wajib Diketahui

Makna puasa Puasa dalam bahasa Arab disebut dengan Ash Shiyaam (الصيام) atau Ash Shaum (الصوم). Secara bahasa Ash Shiyam artinya adalah al i...