Jumat, 10 Februari 2012

SPEEDY dan FLEXI Tetap Pilihan Pelanggan


Produk-produk andalan Telkom seperti Speedy dan Flexi, masih menjadi pilihan utama pelanggan. Terbukti dengan diraihnya penghargaan Top Brand Award 2012, pada Selasa (7/2) di Hotel Mulia Jakarta. Penghargaan diserahkan Chairman Frontier Consulting Group, Handi Irawan dan Editor in Chief Majalah Marketing, PJ Rahmat Susanta, kepada Deputi EGM Commerce Divisi Telkom Flexi, Muhammad Firdaus.

Menurut Handi Irawan, Top Brand Award merupakan penghargaan terhadap merek-merek yang tergolong top. Kriteria top didasarkan atas survey Frontier Consulting Group. Penghargaan ini diberikan untuk lebih dari 100 kategori produk.

Satu kunci keberhasilan pengelolaan merek, kata Handi,  dengan melakukan pengukuran atas kekuatan merek. Melalui Top Brand Survey, yang merupakan survey kekuatan merek selama 12 tahun berturut-turut ini, dinamika kekuatan merek dapat dievaluasi, terutama dalam hal konsistensi kinerjanya.

Top Brand Award diberikan kepada merek-merek dalam kategori produk tertentu yang memenuhi dua kriteria yaitu; merek-merek yang memperoleh Top Brand Index minimum sebesar 10%. Selain itu merek-merek yang menurut hasil survey berada dalam posisi top three dalam kategori produknya. "Kedua kriteria ini harus dipenuhi oleh sebuah merek agar ia berhak menyandang predikat top brand. Melalui dua kriteria ini, maka dalam 1 kategori produk tidak menutup kemungkinan terdapat lebih satu merek, maksimal 3 merek, yang meraih predikat Top Brand," jelas Handi.

Top brand survey 2011 dilakukan di 6 kota, yakni Bandung, Jakarta, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya. Total sample random sebesar 2400 responden. Sample booster kemudian ditambahkan untuk meningkatkan jumlah incident rate produk premium sebesar 200 responden. Jadi, total responden yang disurvei sebanyak 3600 responden. (dip/portal/telkom)