Rabu, 01 Februari 2012

telkomsigma Berikan Wawasan Solusi IT di Mubes NU


Pada 26 – 29 Januari 2012 diselenggarakan musyawarah besar dan pameran industri pengusaha Nadathul Ulama di Surabaya. telkomsigma sebagai perusahaan Full integrated IT Solutions lokal turut serta dalam pameran industri tersebut disamping memberikan wawasan kepada para pengusaha yang hadir mengenai peran penting IT dalam memajukan bisnis di Indonesia. Acara yang dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia, beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dan pemerintah daerah tersebut, diikuti oleh pengusaha daerah dan nasional yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdiyin Indonesia.
Telkom dan telkomsigma sebagai perusahaan yang fokus pada solusi IT services, kini tengah memperluas pasar dengan melengkapi portofolio solusi “TelkomCloud” untuk mendukung proses bisnis perusahaan baik segmen enterprise ataupun UMKM. Indonesia adalah negara dengan jumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) paling banyak di ASEAN. Pada 2010, total UMKM di Indonesia sudah mencapai 51, 3 Juta unit usaha yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Peran UMKM sangat penting mengingat 20 persen cadangan devisa Indonesia berasal dari usaha yang identik dengan ekonomi kerakyatan tersebut. Peran UMKM yang penting bagi ketahanan ekonomi negara ini harus diiringi dengan proses bisnis yang efektif dan efisien agar produk yang dihasilkan memiliki daya saing yang tinggi di pasaran.
Salah satu tantangan UMKM untuk berkembang adalah kemampuan mengontrol biaya produksi dan meningkatkan produktivitas usaha. Ketidakmampuan menjawab tantangan menimbulkan risiko berupa tingginya biaya produksi, hilangnya business opportunity yang berujung pada menurunnya kinerja bisnis. Untuk menjawab tantangan industri tersebut, UMKM sudah seharusnya memodernisasikan diri agar dapat tumbuh dan bersaing baik di industri nasional maupun regional. Modernisasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan IT (Information Technology) sebagai pendorong bisnis UMKM. Melalui optimalisasi IT, UMKM diharapkan dapat merencanakan, menjalankan, mengontrol, serta mengevaluasi aktivitas bisnisnya secara akurat dan cepat. Hal ini tentu dapat meningkatkan kinerja bisnis UMKM.
Salah satu layanan IT yang dapat dimanfaatkan guna meningkatkan performa bisnis UMKM kedepannya adalah solusi Cloud Computing, “TelkomCloud”. TelkomCloud meliputi layanan SaaS (Software as a Service) dan IaaS (Infrastructure as a Service). TelkomCloud dapat meningkatkan margin profit usaha dengan menjamin efisiensi biaya perusahaan.
Kini, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi (CAPEX) dan sebagai gantinya hanya perlu mengeluarkan biaya operasional (OPEX) saja, yang kebutuhan IT-nya dapat dihitung dari performansi bisnis usaha. TelkomCloud menjawab semua kebutuhan IT UMKM guna menjalankan bisnisnya melalui penyedian jaringan yang luas (dukungan TELKOM sebagai perusahaan informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia), Data Center yang menjamin keandalan serta keamanan (ISO 9001 untuk Operasi Data Center serta ISO 27001 untuk Keamanan), aplikasi yang tersedia sesuai kebutuhan unit usaha, serta SDM yang terpercaya.
Sebagaimana semangat TelkomCloud dalam melayani UMKM, “Trustworthy, flexible, and premium quality.” Solusi TelkomCloud siap mendorong pertumbuhan bisnis usaha di Indonesia. PT Sigma Cipta Caraka PT Sigma Cipta Caraka atau telkomsigma adalah perusahaan penyedia Full Integrated IT Solutions di Indonesia. Sejak berdiri pada 1987, telkomsigma terus berupaya menyediakan berbagai produk dan layanan inovatif berbasis IT. Dengan jumlah dan loyalitas klien yang terus meningkat dari tahun ke tahun, telkomsigma siap menjadi mitra teknologi dalam mendukung pertumbuhan bisnis klien.
Seiring dengan perkembangan bisnis yang dilakukan telkomsigma, sejak Juli 2010, telkomsigma secara resmi dimiliki sepenuhnya oleh PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) melalui PT Multimedia Nusantara. Sebagai salah satu anak usaha yang terus berkembang mengikuti dinamika industri global, telkomsigma siap mendukung penuh visi TELKOM sebagai penyedia layanan TIME (Telecommunication, Information, Media, and Edutainment) terdepan di Indonesia.