Rabu, 21 Maret 2012

Dilarang Kecelakaan


Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Ketut Untung Yoga Ana, jumlah kecelakaan lalu-lintas tahun 2011 meningkat 1.111 kecelakaan atau sebanyak 4.744 kecelakaan dibandingkan jumlah kecelakaan tahun 2010 sebanyak 3.633 kecelakaan.

Dari jumlah kecelakaan lalin selama itu, korban meninggal dunia menurun. Jumlah korban meninggal dunia tahun 2011 sebanyak 779 orang, sedangkan tahun 2010 sebanyak 853 orang.

Jumlah korban luka berat tahun 2011 sebanyak 1.334 orang, atau naik 17,53 persen dibandingkan tahun 2010 sebanyak 1.135 orang. Sedankan jumlah korban luka ringan 2011 sebanyak 3.443 orang atau naik 52,41 persen dibandingkan tahun sebelumnya 2.259 orang.

Menurut data ternyata bahwa kecelakaan lalu-lintas mengalami kenaikan setiap tahun. Ada tiga faktor utama terjadinya kecelakaan, yakni: Faktor manusia, faktor kendaraan dan faktor kondisi jalan.

Faktor manusia merupakan faktor paling dominan dalam kecelakaan. Hampir semua kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalulintas. Disamping dalam memacu kendaraan yang diatas ambang batas yg disarankan. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar, ketidaktahuan terhadap arti aturan yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan atau bahkan pura-pura tidak tahu.

Selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya sering sekali lalai bahkan ugal ugalan dalam mengendarai kendaraan, tidak sedikit angka kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena membawa kendaraan dalam keadaan mabuk, mengantuk, dan mudah terpancing oleh ulah pengguna jalan lainnya yang mungkin dapat memancing gairah untuk balapan.

Satu hal yang seringkali luput dari perhatian, hendaknya sadari lokasi dimana ketika kita berkendara. Jangan sampai kita ugal-ugalan, padahal berada di daerah terpencil yang jauh dari rumah sakit. Karena itu sangat bijak pembuat rambu peringatan seperti pada gambar kali ini:

“Dilarang kecelakaan karena rumah sakit jauh...”. Sedangkan kalau rumah sakit dekat saja pasti kita tak akan sudi untuk masuk RS akibat kecelakaan...Walaupun tersiar kabar bahwa di rumah sakit itu terkenal dengan dokter wanita muda dan perawatnya yang cantik-cantik...hehehehe.//kgm