Minggu, 08 Januari 2012

Itu urusan saya bung



Syahdan, dua orang pejabat dari dua negara, dari Indonesia dan Cina  bertemu di Bali. Pertemuan dilakukan setelah mengikuti konferensi tingkat tinggi mengenai Bantuan Sosial. Setelah berbincang seputar bantuan sosial yang tidak efektif dan banyak kebocoran disana-sini, termasuk maraknya proposal fiktif dan titipan proposal dari para pejabat di negaranya, pembicaraan mengarah pada urusan pribadi masing-masing.

Pejabat Cina : “Penghasilan saya itu kalau diuangkan dalam mata uang anda sekitar Rp 30 jt per bulan. Dari gaji sebesar itu dipake utk kebutuhan rumah tangga Rp 15 jt, Sekolah anak Rp 10 jt dan biaya untuk bayar ini dan itu lainnya sekitar Rp 3 jt.

Pejabat Indonesia : “Terus yang Rp 2 jt lagi untuk apa?”

Pejabat Cina : “Itu urusan saya bung...!!”

Pejabat Indonesia : “Kalo gaji saya sebulan Rp 20 jt. Dipake utk kebutuhan rumah tangga setor ke istri Rp 25 jt, untuk Sekolah anak Rp 15 juta dan untuk bayar lain2 ini dan itu sekitar Rp 7 jt.

Pejabat Cina : “Wah, kalo begitu gaji anda tekor melebihi penghasilan donk. Terus yang Rp 27 jt lagi dapat darimana?

Pejabat Indonesia: “Ah, itu urusan saya bung...!!”//kgm/kigempurmudharat

Pesan moral: "Siapa pun yang terdeteksi melakukan kecurangan yang memalukan tidak akan pernah dipercaya meskipun mereka berbicara tentang kebenaran." (Phaedrus (15-50 SM), filsuf Romawi).