Sabtu, 07 Juli 2012

Segera,Telepon Rumah Anda Dilengkapi RBT



Ketika Neni menghubungi temannya Sherly melalui telepon rumahnya, ia agak heran, karena pada saat terhubung, nada sambungnya terdengar lagu “Cinta Cuma Satu” dari Nindy.

“Wah, diapain nich telepon rumah si Sherly, koq bisa muncul nada sambung lagu,” begitu pikirnya, seraya sesaat menikmati lagu yang kebetulan menjadi favoritnya.

Ketika telepon diangkat Sherly, yang pertama kali ditanyakan Neni adalah soal munculnya lagu itu.

“Sherly! Telepon rumah kamu koq ada nada sambung lagunya sich,” tanya Neni.
“Lho, emang yey blom tau yah, sekarang kan Telepon Rumah telah dilengkapi fitur RBT,” jawab Sherly.
“Iiich, pengen donk, caranya gimana Sher!”
“Gampang koq, tinggal tekan 145 atau hubungi saja ke 147, minta ke Telkom supaya Nomor Telepon Rumah yey dipasangi RBT.”
“Wah, asyik donk, bayar ga Sher?”
“Cuma Rp 8000,- per bulan koq, pembayarannya nanti disatukan dalam rekening tagihan bulanan, sip kan!!”.
“Ochey sayang, makasi infonya ya, aku mau pasang juga,” jawab Neni seraya melanjutkan percakapan lainnya.

Layanan nilai tambah
Dari percakapan Neni dan Sherly, sepertinya memang belum banyak pelanggan Telepon Rumah yang mengetahui kalau pada Telepon Rumahnya telah dilengkapi fitur RBT (ring back tone). Wajar saja, karena RBT memang merupakan salah satu produk Telkom terbaru. Ini karena tekad Telkom untuk senantiasa berupaya mengembangkan pelayanan terbaik dan terlengkap kepada pelanggannya.

Kali ini ditujukan kepada pelanggan Telepon Rumah melalui layanan nilai tambah guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Penambahan fitur RBT pada Telepon Rumah merupakan salah satu produk inovatif terbaru Telkom agar kehadirannya lebih modern dengan life style pelanggannya tetap terjaga.

Layanan RBT ini sebagaimana layaknya layanan RBT pada jaringan GSM/CDMA. Pelanggan Telepon Rumah diberikan keleluasaan untuk mengaktifkan lagu yang diinginkannya hingga 15 buah lagu yang akan masuk kedalam tone box pelanggan. Tampaknya, belum ada operator lain yang dapat menyajikan RBT sebanyak itu.

Dengan adanya fasilitas tone box ini maka fitur-fitur baru RBT dapat digunakan seperti caller base, special day, dan group base. Selain itu, ada dua fitur baru yaitu voice recording dan advertising yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk personalisasi RBT-nya.

Tentang RBT Telepon Rumah
RBT Telepon Rumah merupakan layanan yang memungkinkan pengguna Telepon Rumah mengganti nada tunggu (RBT, Ring Back Tone) konvensional dengan nada tertentu (musik atau suara lain) sesuai pilihan pelanggan, sehingga siapapun yang melakukan panggilan ke pengguna Telepon Rumah yang telah berlangganan layanan
RBT Telepon Rumah akan mendengarkan nada-nada tertentu sampai panggilan tersebut dijawab (announcement).

Layanan ini adalah handset independen dan teknologi independen, sehingga dapat digunakan pada handset jenis apapun dan panggilan manapun. Misalnya, panggilan dari CDMA, GSM, PSTN maupun International Call.

Adapun Fitur-fitur yang didapat oleh pelanggan dengan menggunakan layanan ini adalah sebagai berikut:

· Basic – fitur dasar yang memungkinkan pelanggan untuk mengaktifkan nada tunggutertentu yang dipilihnya selama periode 30 hari.

· Copy – fitur yang memungkinkan pelanggan mengaktifkan nada tunggu tertentu seperti yang dimiliki oleh pelanggan lain (nomor lain).

· Gift – fitur yang memungkinkan pelanggan mengirimkan (membelikan) nada tunggu tertentu kepada pelanggan lain dengan biaya dibebankan kepada pelanggan yang mengirimkan RBT.

· Default – fitur yang memungkinkan operator (dalam hal ini adalah TELKOM) mengaktifkan nada tunggu tertentu kepada pelanggan-pelanggan yang berstatus tertentu sesuai dengan kebijakannya.

· Special day – fitur yang memungkinkan pelanggan memesan nada tunggu tertentu sesuai pilihannya untuk diaktifkan pada 1 (satu) hari tertentu saja.

· Voice recording – fitur yang memungkinkan pelanggan melakukan perekaman suara sendiri sebagai RBT-nya.

· Advertising – fitur yang memungkinkan pemberian nada tunggu tertentu pada sekelompok pelanggan dengan tujuan promosi. Bisa juga dimanfaatkan oleh suatu korporasi untuk menyeragamkan RBT bagi para karyawannya dengan lagu jingle perusahaan, atau jingle produk perusahaannya untuk tujuan promosi.

· Tone Box – fitur yang memungkinkan seorang pelanggan Telepon Rumah untuk memiliki sampai dengan 15 (lima belas) RBT pada saat yang bersamaan.

Khusus untuk Fitur Tone Box memungkinkan pelanggan untuk mengaktifkan fitur-fitur berbasis Tone Box, yaitu: Random (memainkan lagu-lagu dalam Tone Box secara random pada saat ada panggilan); Caller based (memainkan RBT yang berbeda untuk setiap pemanggil); Group based (memainkan RBT yang berbeda untuk setiap group pemanggil); dan Time based (memainkan RBT yang berbeda untuk setiap waktu yang ditentukan, misalnya berdasarkan jam atau berdasarkan hari).

Cara Berlangganan
Dalam menggunakan layanan RBT Telepon Rumah, pelanggan harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu.

a. Pembelian Lagu
· Pelanggan adalah pelanggan Telepon Rumah;
· Pelanggan melakukan pembelian lagu melalui akses channel IVR;
· Setiap lagu dapat dikenali dengan menggunakan kode lagu tertentu dengan kode lagu yang digunakan terdiri dari 7 digit;
· Pelanggan dapat mengetahui kode lagu melalui WEB, atau media lain yang digunakan untuk mempromosikan layanan ini;
· Pelanggan dapat melakukan pre-listen sebelum membeli lagu yang diinginan;
· Setiap lagu yang dibeli akan masuk kedalam tone box pelanggan.

b. Melakukan pengaturan lagu
· Secara otomatis, lagu terakhir yang dibeli oleh pelanggan akan diset sebagai basic, yaitu lagu yang akan didengar oleh pemanggil yang tidak masuk kedalam salah satu pengaturan fitur RBT
· Pelanggan yang telah memiliki lagu didalam tone box dapat mengatur lagunya untuk fitur caller base, time base maupn special day.
· Pelanggan dapat melakukan pengaturan melalui akses channel IVR.

Bagi Telkom RBT Telepon Rumah ini, tentu saja dapat dijadikan sebagai sarana entertainment bagi pelanggan Telepon Rumah dan alat entertainer bagi penelpon pelanggan RBT Telepon Rumah dengan menyediakan kualitas musik terbaik dan up to date serta kemudahan mengakses sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Dengan adanya fitur baru yaitu voice recording dan advertising serta kemampuan tone box menampung hingga 15 lagu dapat menjadikan nilai lebih bagi RBT Telepon Rumah.

Adapun tarifnya, yakni: Untuk Tarif Basic Rp.8.000/30 hr. Sedangkan untuk Special day Rp.2.000/hari. Untuk tarif Voice recording Rp.8.000/30 hari. Khusus untuk tarif Time based, Caller based, dan Group based diberikan secara Free. Sementara untuk Tarif Advertising dan Special Promo sesuai tarif yang akan ditentukan kemudian.

Penagihan biaya penggunaan layanan RBT Telepon Rumah ini dilakukan melalui INTAGJASTEL yang sama dengan INTAGJASTEL untuk nomor telepon rumah yang menggunakan layanan RBT Telepon Rumah.

Pelanggan bisa mendapatkan layanan dengan menekan145, dan mengikuti petunjuk yang diperdengarkan di telepon untuk berbagai paket layanan Basic, Caller base, Group base, Time base, Special day dan voice recording.

Salah satu kelebihan aktivasi via IVR adalah calon pengguna / pelanggan RBT Telepon Rumah bisa terlebih dahulu mendengarkan (pre-listening) pilihan lagu-lagu yang tersedia yang dikategorikan berdasarkan jenis lagu (Indonesia, internasional, tradisional, jazz, dan lain sebagainya).

Info dan kategori lagu
Untuk informasi Layanan, dapatkan informasi mengenai layanan RBT Telepon Rumah di Plasa Telkom, Portal Plasa Telkom, atau Telkom Call Center 147. Petugas Plasa Telkom atau operator 147 juga dapat memberikan informasi RBT Telepon Rumah yang diminta oleh pelanggan.

Setiap content yang akan di-upload sudah diklasifikasikan kedalam 5 (lima) kategori yang telah ditetapkan dan akan dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan. Lima kategori lagu dimaksud yaitu:
· Pop Internasional
· Pop Indonesia
· Pop Asia
· Folk Song
· Religious Music

Jadi segera saja Telepon Rumah Anda dipasang RBT agar keberadaannya lebih trendy demi tetap terjaganya life style anda. (***)