Rabu, 14 April 2021

Keberkahan Alquran

سَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنْ النَّوْمِ ......

Ya Rabb, yaa muqalibal qulub...mohon mampukan kami untuk istiqamah dalam kesabaran, mensyukuri atas segala NikmatMU.... ya Rahmaan mohon limpahkan anugerah, berkah, rahmat, taufik, hidayah MU, karuniakan kami kesehatan dan lindungilah kami serta kabulkanlah doa2 kami.
امين يا الله يا مجيب السائلين

Bismillah, Washalatu Wassalamu 'ala Rasulillah, ama ba'du...

KEBERKAHAN AL QURAN
________

Banyak di antara kita mencari keberkahan kesana kemari. Tahukah saudaraku bahwa keberkahan itu dekat dan tidak membutuhkan biaya besar mencarinya, ia ada pada Al-Quran yang Allah turunkan.

Allah Ta'ala_ berfirman:

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

"Kitab (Al-Quran) yang kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka mentadabburi (menghayati) ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapatkan pelajaran."
[QS. Shad: 29]

Keberkahan Al-Quran itu banyak dari berbagai sisi, di antaranya:

• Dari sisi bacaan orang yang membaca satu huruf darinya ia akan mendapatkan sepuluh kebaikan atau pahala.

• Dari sisi atsar (pengaruh) dari tilawahnya, baik secara umum ataupun khusus. Secara khusus orang yang membacanya akan mendapatkan kelapangan dada, cahaya hati dan ketenangan. Adapun secara umum Allah bukakan dengannya negeri-negeri Timur dan Barat melalui perantara kaum Muslimin yang betul-betul berpegang teguh dengannya.

Al-Quran bisa menyatukan kalimat, menjaga bahasa arab yang dengannya ia turun. Dan sisi-sisi lain dari keberkahan Al-Quran yang banyak. 

Oleh karena, itu alangkah bahagianya seorang hamba yang mendapat taufik dari Allah bisa hidup bersama Al-Quran dan tidak jauh darinya.

Diantara faidah-faidah dari ayat di atas adalah:

1. Al-Quran adalah Kalam Allah Ta'ala.
2. Menetapkan sifat ketinggian Allah Ta'ala.
3. Menetapkan risalah Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.
4. Sesungguhnya Al-Quran itu diberkahi.
5. Anjuran untuk memiliki perhatian terhadapnya serta beriltizam dengannya, karena jika ia diberkahi maka setiap manusia ingin mendapatkan keberkahan ini.
6. Al-Quran adalah syifa (penyembuh dari penyakit), obat bagi penyakit hati dan badan.
7. Di antara hikmah terbesar diturunkannya Al-Quran adalah untuk ditadabburi.
8. Tadabbur Al-Quran hukumnya fardhu (wajib) yang disesuaikan dengan keadaan, bisa fardhu 'ain jika berhubungan dengan kesempurnaan agama seseorang selebihnya fardhu kifayah.

Keberkahan ada pada Al-Quran, jangan berpaling darinya. Semoga Allah mudahkan kita untuk memahami, membacanya, memahami isinya dan mengamalkannya. Dan semoga kita dimudahkan untuk melangkahkan kaki-kaki kita menuju majelis-majelis ilmu, yang dibacakan di dalamnya ayat-ayat Al-Quran dan hadits-hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam...

Rujukan: Diringkas dari Tafsir Al-Quranil kariim. QS. Shad: 139-147. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah.

والله أعلم… وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

(Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi hafidzahullah)

SEPULUH ARGUMENTASI BAHWA MALAM KE-27 ADALAH LAILATUL QODAR

Apakah bisa dipastikan tanggal 27 Ramadan adalah lailatul qodar? Untuk memastikan, barangkali lebih berhati-hati jangan. Tetapi bahwa mayori...