Jumat, 10 Maret 2023

Tujuh Persiapan Menyambut Ramadhan 1444 H

(sumber foto:istimewa/beritasatu.com)
Sebentar lagi, umat Islam menyambut bulan suci Ramadhan. Pada bulan ini, seluruh umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa secara bersama-sama. 

Supaya dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan lancar dan hikmat, Anda perlu melakukan persiapan yang matang.

Salah satu persiapan yang tidak boleh dilupakan adalah membeli perlengkapan di rumah. Untuk kebutuhan ini, Anda bisa berbelanja  dengan memanfaatkan Promo Ramadhan supaya lebih hemat. Selain itu, apa saja yang perlu dilakukan dan dipersiapkan menjelang Ramadan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Persiapan 
Fisik

Anda tentu ingin menjalankan ibadah Ramadan dengan baik dan lancar sampai selesai. Untuk mewujudkan hal itu, salah satu persiapan yang tidak boleh diabaikan adalah persiapan fisik. Tubuh yang fit akan membuat Anda lebih kuat dan maksimal dalam menjalankan puasa.

Ada beberapa persiapan fisik yang bisa dilakukan, di antaranya mengubah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat contohnya sering begadang atau merokok. Anda juga perlu mengurangi makanan dan minuman yang tidak sehat, misalnya soft drink dan fast food.

CANDIL salah satu menu takjil  paling disukai (sumber foto: beritasatu.com)

Selain gaya hidup dan pola makan, cara lain untuk melakukan persiapan fisik adalah rajin mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan yang disarankan. Anda bisa membelinya terlebih dahulu misalnya di media online. Tips lainnya adalah rutin berolahraga agar tubuh lebih siap menghadapi perubahan pola makan dan pola tidur.

2. Memperdalam Ilmu Agama

Persiapan yang tidak kalah penting adalah wawasan dan pengetahuan tentang ilmu agama. Ketahui aturan apa saja yang perlu dilakukan atau sebaliknya tidak boleh dilakukan selama bulan Ramadan, khususnya tata cara ibadah puasa. Tujuannya supaya Anda bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan memperoleh pahala besar.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri, di antaranya rajin mengikuti forum-forum agama yang membahas tentang keutamaan berpuasa. Selain itu, Anda pun bisa membaca buku-buku dan artikel yang berisi pembahasan agama. Tidak ada salahnya juga untuk berdiskusi dengan orang lain yang lebih paham hukum agama.

3. Membeli Kebutuhan Dapur

Ramadan tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sahur dan buka puasa. Kegiatan sahur sering kali menjadi tantangan bagi sebagian orang karena harus dilakukan lebih awal. Ada pula yang tidak bisa mempersiapkan sahur karena bahan makanan tidak lengkap.

Untuk menghindari hal ini, lakukan persiapan sejak awal. Beli stok bahan makanan yang cukup sesuai kebutuhan. Pastikan Anda membeli bahan yang mudah diolah dan dimasak supaya lebih praktis.

Selain untuk kebutuhan sahur, Anda pun perlu mempersiapkan kebutuhan untuk buka puasa. Supaya proses memasak lebih mudah dan cepat, Anda pun bisa menyiasatinya dengan membeli alat masak baru di Blibli seperti air fryer, chopper, atau oven listrik.

4. Bersih-Bersih Rumah

Rumah yang bersih tentu akan membuat hati lebih tenang dan siap untuk menjalankan ibadah. Lagipula, melakukan aktivitas bersih-bersih ketika sedang berpuasa tentu akan menguras energi. Karena tubuh terasa lemas, hasil bersih-bersih pun menjadi tidak optimal.

Untuk bersih-bersih rumah, jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan kebersihan terlebih dahulu. Jika belum punya atau sudah tidak bisa digunakan, Anda bisa membelinya di Blibli dari sekarang.

Sebaiknya, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk melakukan kegiatan ini. Bukan hanya agar hasilnya lebih maksimal, tetapi juga supaya anggota keluarga bisa saling membantu dan lebih akrab. Pilihlah waktu yang bisa dihadiri oleh semua anggota keluarga.

5. Persiapan Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Supaya bisa menjalani kegiatan di bulan Ramadan dengan lebih bersemangat, Anda bisa membeli perlengkapan ibadah yang baru, mulai dari peci, mukena, sarung, hingga sajadah.

Untuk membeli perlengkapan ibadah, ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan. Pertama, warna dan coraknya. Jika ingin perlengkapan ibadah tidak cepat kotor, pilihlah warna yang cenderung gelap.

Selain itu, faktor kenyamanan juga sangat penting. Baik dari segi material hingga ukuran, wajib Anda perhatikan lebih cermat. Faktor harga pun tidak boleh dilupakan. Nah, saat kesempatan promo, Anda bisa mendapatkan produk bagus dengan harga miring.

6. Berlatih Berbuat Baik

Persiapan lainnya adalah mulai membiasakan diri untuk berbuat baik kepada orang lain. Dengan demikian, ketika Ramadan tiba, Anda telah menjalankan kebiasaan yang positif sehingga bisa mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk berbuat baik. Mulailah dengan yang sederhana, seperti tidak pelit memberi pujian, menolong orang yang membutuhkan, mau mendengarkan, dan sebagainya.

Untuk berbuat baik, Anda tidak perlu harus memiliki uang atau materi. Dengan tindakan yang dilakukan sehari-hari, Anda pun sudah bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

7. Meminimalkan Pemicu Godaan

Terakhir, persiapan yang juga harus dilakukan adalah berusaha mengurangi pemicu godaan yang bisa membatalkan puasa. Sebagai contoh, jika selama ini Anda sering menyimpan cemilan di kamar atau meja kerja, cobalah untuk menyingkirkannya sejenak. Meskipun hakikat berpuasa adalah menang terhadap godaan, tidak ada salahnya mengurangi faktor pemicunya.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi bulan suci Ramadan. Semoga ibadahnya lancar dan diberkahi dengan kemudahan dan kesehatan. (Sumber: BeritaSatu.com)

SEPULUH ARGUMENTASI BAHWA MALAM KE-27 ADALAH LAILATUL QODAR

Apakah bisa dipastikan tanggal 27 Ramadan adalah lailatul qodar? Untuk memastikan, barangkali lebih berhati-hati jangan. Tetapi bahwa mayori...